KESABARAN PENUH HIKMAH

KESABARAN PENUH HIKMAH
















Cinta-Suci-Zahrana-Habiburrahman-El-Shirazy.jpg
Judul buku                  : Cinta Suci Zahrana
Nama pengarang        : Habiburrahman El Shirazy
Nama penerbit           : Ihwan Publishing House
Tahun diterbitkan      : 2011
Jenis buku                   : Novel
Jumlah Halaman        : 284   

            Untuk tahun 2011 ini penggemar novel Indonesia, terutama pecinta novel karya  Habiburrahman El Shirazy novelis no satu di Indonesia, akan lebih terhibur dengan dirilisnya novel baru yang berjudul “Cinta Suci Zahrana”. Di sini pembaca dituntut berimajinsi tinggi, setelah kemarin di novel-novel sebelumnya pembaca  berimajinasi berkunjung ke mesir, cairo, alexsandria, italia, kini pembaca harus siap-siap berimajinasi pergi ke china, karena sebagian dari novel ini berlatar di china.
            Kisah yang  di ceritakan di novel ini sedikit beda dengan kisah-kisah novel sebelumnya, seperti ayat-ayat cinta, ketika cinta bertasbih, di atas mihrab cinta dan bumi cinta, dimana pemain utamanya laki-laki yang tidak lepas dari kisah cinta dan nili-nilai agama  yang tersirat sangat kuat di dalamnya. Di novel ini  kang Abi’ mengangkat sebuah kisah seorang Intelektual wanita yang berjuang untuk menyempurnakan separuh agamanya, ia bernama Zahrana.
            Zahrana tokoh utama dalam novel ini adalah seorang wanita yang berprestasi. Ia selalu mengejar prestasinya untuk mengangkat derajad orang tuanya yang bekererja sebagai pesuruh kelurahan. Prestasi gemilang terakhir ia dapatkan adalah penghargaan level internasional oleh school of architecktur, Tsinghua University atas artikel yang ia tulis di jurnal ilmiah yang diterbitkan oleh RMIT Meilbourne, Australia,yang telah mendapat apresisi tinggi arsitektur dunia. Namun semakin banyak prestasi yang ia ukir justru menambah kekecewaan kedua orang tuanya. Hal Itu disebabkan karena orang tua zahrana sangat menginginkan anaknya segera menikah bukan hanya memikirkan prestasinya.
            Dulu banyak laki-laki yang melamar zahrana, namun selalu ia tolak. Pada saat ia ingin menikah tidak kunjung ada laki-laki yang mengkhitbahnya. Ketika ada laki-laki yang bersedia menikahinya, satu hari sebelum menikah calon suaminya meninggal tertabrak kereta. Hal itu terjadi akibat dijebak rektor universitas tempat zahrana bekerja, dikarenakan dendam pada zahrana yang telah menolak lamarannya. Kejadian itu mengakibatkan ayah zahrana meninggal dunia. Padahal zahrana belum sempat menghadiahkan seorang cucu kepada ayahnya. Boro-boro cucu padahal menikah saja blum. Namun berkat kesabaran zahrana akhirnya ia menemukan jodohnya juga, yaitu mahasiswanya sendiri yang bernama  Hasan.
            Di sini kang Abi’ menyajikan novel ini dengan bahasa yang mudah dipahami. Selain itu, ceritanya menarik tidak monoton, nilai-nilai agama yang tersirat didalamnya dikemas dengan rapi, sehingga pembaca tidak akan merasa digurui. Selain hal –hal di atas kang Abi’mengilustrasikan latar, situasi dan kondisi yang terjadi bgitu jelas sehingga pembaca mudah meresapi isi cerita tersebut.

            Di novel “Cinta Suci Zahrana”ini banyak sekali nilai-nilai yang pantas diambil dan dicontoh pembaca. Novel yang penuh dengan pelajaran hidup ini sangat menarik untuk dibaca kalangan muda keatas sebagai ibroh yang membangun.